Pandemi membuat banyak sekali perubahan dari segala sisi, terutama perekonomian. Fenomena banyaknya pemberhentian kerja bersamaan dengan naiknya segala kebutuhan. Akan tetapi, kondisi saat ini seolah memaksa untuk sangat meminimalisir bepergian ke luar kecuali hanya untuk bekerja & membeli kebutuhan. Oleh karena itu, hal ini bisa saja anda maanfaatkan sebagai momen untuk menabung. Berikut tips – tips mengelola gaji di era new normal:

⒈ Tetapkan Budget Bulanan dan Atur Prioritas
Kemudahan akses fasilitas pendidikan akan membuat orang tua menjadi lebih tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan sang anak tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk dapat pergi ke sekolah, hingga universitas. Sehingga, orang tua tidak perlu khawatir terhadap sang anak karena lebih mudah dalam berkomunikasi hingga mengawasi sang anak.

2. Cukupi Tabungan Dana Darurat
Salah satu cara mengelola gaji yang baik adalah dengan rutin menyisihkan uang untuk tabungan dana darurat. Pos keungan yang satu ini tidak bisa dilewatkan. Saat mendapatkan gaji, anda harus langsung menyisihkan untuk pos ini. Persentase yang disisihkan pun tidak perlu banyak, cukup 10% dari total gaji anda. Sehingga anda memiliki dana ketika ada sebuah kondisi mendesak atau sangat membutuhkan di masa mendatang.

3. Investasi Untuk Masa Depan
Gaji yang anda dapatkan tiap bulannya, jangan sampai dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan saja, apa lagi untuk gaya hidup. Mulai rutin alokasikan sebesar 10 persen dari total gaji bulanan untuk investasi. Misalnya, gaji Anda sebesar Rp 5 juta, maka sebesar Rp 500.000 bisa digunakan untuk investasi, misalnya dengan membeli saham, reksadana, obligasi, atau tabungan emas (logam mulia).

4. Jangan Bersenang-senang Berlebihan
Bersenang-senang sehabis gajian itu boleh, asal sewajarnya saja. Ingat pikirkan juga hari esok. Pikirkan juga bahwa situasi new normal ini bukan berarti kondisi sudah pulih dan ekonomi membaik. Boleh saja kok shopping atau nongkrong, tapi jangan terlalu sering. Buatkan alokasi untuk pos “menyenangkan diri sendiri”, sehingga Anda tidak perlu mengorbankan alokasi pada pos lain untuk membiayai kebutuhan yang satu ini.

5. Perbanyak di Rumah Saja
Meskipun saat ini beberapa fasilitas publik sudah mulai dibuka. Sebaiknya, Anda tetap bijak menyikapi hal ini dan perbanyak di rumah saja, serta harus bisa mengendalikan diri untuk mengelola keuangan. Caranya, kurangi intensitas membeli makanan secara online dan stop belanja online yang tidak diperlukan. Sebaiknya Anda gunakan waktu luang yang ada dengan hal-hal yang produktif dan positif, misalnya belajar & berolahraga dari rumah.

 

Source: kompas.com