Dari beberapa hoby baru yang ditekuni selama saat wabah, menanam tanaman hias agak banyak pecintanya. Awalannya hanya iseng saja tetapi justru suka. Banyak tanaman hias yang dapat diperbudidayakan, salah satunya yang cukup mudah perawatannya yakni lidah mertua. Tanaman lidah mertua ialah tipe tanaman hias daun yang teksturnya keras seperti sukulen tetapi wujud daunnya malah serupa pedang panjang dengan ujung meruncing. Dibandingkan monstera, harga tanaman lidah mertua lebih murah. Tidaklah aneh bila tanaman lidah mertua mini atau besar banyak dicari orang untuk menghias halaman atau ruang di rumah mereka.

Untukmu yang hoby bercocok tanam, kemungkinan pernah dengar dogma tanaman lidah mertua. Menurut fengshui, tanaman lidah mertua indoor dapat membawa apes jika status meletakannya tidak cocok. Bahkan juga, isunya tanaman lidah mertua beresiko dan dapat meracuni badan. Bahaya tanaman lidah mertua memang betul ada, karena memiliki bentuk daunnya panjang dan lancip, tanaman ini rawan mencederai anak-anak bila tidak ditaruh di tempat yang akurat. Walau demikian, lidah mertua masih tetap pantas ditanamkan karena banyak memiliki faedah tidak tersangka, mempernyerap pencemaran udara misalkan. Nach, untukmu yang ingin menanam lidah mertua, berikut sejumlah tipe lidah buaya berikut langkah simpel menjaganya.

1. Kurangi pencemaran udara di rumah

Lidah mertua bisa mempernyerap kandungan karbon dioksida dan monoksida yang ada di rumah. Bahkan juga riset dari NASA menyebutkan jika lidah mertua bisa hilangkan toksin yang dapat memacu kanker, merilis CNN. Untuk dapat memperoleh faedahnya, tanamlah 15 sampai 18 lidah mertua untuk rumah memiliki ukuran sedang.

2. Membuat kualitas udara menjadi lebih baik

Selainnya mempernyerap pencemaran, lidah mertua dapat hasilkan oksigen dan membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Bahkan juga pada malam hari juga, lidah mertua dapat mengganti banyak karbon dioksida jadi jadi oksigen dan membuat udara berasa lebih fresh pada pagi harinya.

3. Menantang alergi dan sick building syndrome atau SBS

Sebab bisa mempernyerap toksin dan melepas oksigen, lidah mertua bisa kurangi pemicu alergi pada udara. Bahkan juga, seorang yang alami sick building syndrome atau keadaan kesehatan turun sesudah masuk ruang tertentu juga dapat cukup lebih baik. Tanda-tanda SBS yang berbentuk iritasi, batuk, gatal, pusing, mual, sesak dada, dan ngilu otot dapat berangsur sembuh sesudah menanam lidah mertua di rumah.

Berikut beberapa ciri tanaman lidah mertua yang tidak beracun dan beberapa jenisnya.

1. Sansevieria pinguicula

Berlainan dengan lidah mertua lain, daun Sansevieria pinguicula malah mempunyai gabungan warna biru dan hijau dan dapat tumbuh secara cepat. Sisi tepi daunnya juga ada pemisah warna cokelat kemerahan yang membuat berlainan dari tanaman lidah mertua yang lain.

2. Sansevieria trifasciata

Tanaman lidah mertua yang dari teritori Afrika Barat ini lumayan gampang dijumpai di Indonesia. Sansevieria trifasciata mempunyai beberapa ciri daun kaku dan tumbuh ke atas secara vertikal. Warna daunnya lebih ke hijau jelas dengan goresan atau belang warna abu-abu atau hijau.

3. Sansevieria kirkii

Tanaman lidah mertua yang datang dari Afrika ini mempunyai bunga warna putih kehijauan dan daun warna hijau gelap dan beraroma harum. Tanaman hias daun ini seperti bintang kecil yang unik. Karena itu sering ditaruh di atas meja pojok.

4. Sansevieria stuckyi

Sansevieria stuckyi keluarkan wewangian wangi lo! Berlainan dengan Sansevieria kirkii, Lidah mertua yang ini dapat tumbuh sampai 2 mtr. dengan wujud daun yang ramping, tegak, dan cukup membulat. Warna daunnya lebih ke hijau gelap, memiliki tekstur kasar, dan mempunyai goresan warna pucat di sekitarnya.

5. Sansevieria moonshine

Ukuran Sansevieria moonshine lebih kecil dibanding lidah mertua yang lain. Semua daunnya juga warna hijau jelas tanpa corak dan goresan. Sampai sekarang ini, tanaman lidah mertua tipe ini harga tidak demikian mahal. Kamu bahkan juga cukup keluarkan kantong dimulai dari beberapa puluh ribu rupiah saja.

Sebetulnya ada banyak tipe lidah mertua yang lain dapat kamu tanam, misalkan Sansevieria hahnii atau Sansevieria patens. Tetapi dari beberapa tipe lidah mertua yang ada, lima tipe di atas adalah yang lumayan gampang perawatannya.