ruang tamu adalah tempat paling krusial yang ada di rumah. karena ruangan ini adalah impresi pertama untuk para tamu pada saat mereka berkunjung ke rumahmu.

karena itu setiap dekorasi pada ruang tamu memegang peran penting, termasuk sofa. untuk rumah dengan ruangan tamu yang tidak telalu besar, tentu menjadi PR besar saat memilih sofa seperti apa yang akan dibeli.

berikut 5 tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil

1. ukur ruang tamu sebelum membeli sofa.

sebelum memilih sofa yang akan dibeli, ada baiknya kamu memulai dengan mengukur luas dari ruang tamu. dengan begitu kamu tau berapa ukuran yang paling tepat untuk sofa yang akan dibeli.

usahakan ukuran sofa yang akan dibeli tidak melebihi 30% dari ukuran ruangan untuk menghindari kesan padat dan sempit.

2. Konsep Minimalis.

dengan konsep minimalis, ruangan tamu yang sempit bisa terlihat lebih luas. pilihlah sofa dengan konsep minimalis dan memaksimalkan fitur-fitur minimalis dari sofa tersebut.

kamu juga bisa memilih set meja dan sofa minimalis agar desain furniturenya masih senada.

3. Jangan gunakan sofa berbentuk bulat.

karena ruang tamu yang kecil, gunakanlah sofa yang memiliki ukuran yang pas dengan ruangan tersebut. jangan gunakan sofa berbentuk bulat karena dapat memakan banyak tempat.

kamu bisa gunakan sofa berbentuk L atau 2 seater yang pas dengansudut ruang tamu.

4. Sofa multi fungsi

kamu bisa menggunakan sofa minimalis dengan multifungsi seperti sofa bed atau sofa dengan storage / penyimpanan. sofabed bisa kamu gunakan untuk area tambahan tempat duduk ataupun untuk rebahan, sedangkan sofa dengan laci atau tempat penyimpanan bisa menjadi storage tambahan untuk perangkat dirumahmu. jadi tidak akan memakan lebih banyak tempat.

5. Sofa dengan kerangka yang kokoh

walaupun memiliki nama sofa minimalis, bukan berarti kualitas dari sofa tidak baik. kamu bisa memilih kerangka yang kokoh pada sofa minimalis yang akan kamu gunakan. gunanya adalah agar sofa tahan lama dan mampu menanggung beban pada saat orang duduk diatasnya.