rumah idaman minimalis modern

Mendesain rumah minimalis modern tidak terlalu sulit, tetapi juga tidak mudah. Anda dapat menerapkan beberapa inspirasi berikut untuk hunian idaman minimalis.

 

Gaya hidup minimalis menjadi semakin tren belakangan ini. Semakin banyak orang yang mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada saat mendesain hunian. Rumah minimalis modern memang dianggap lebih ideal pada zaman sekarang karena lahan untuk tempat tinggal semakin lama semakin menyempit.

Ciri khas paling utama dari rumah berkonsep minimalis adalah desain yang simpel, furnitur yang tepat guna, dan kesan yang lebih lega. Memiliki hunian yang minimalis tentu sangat menyenangkan karena rumah biasanya terlihat lebih rapi setiap saat. Konsekuensinya, Anda harus rela menyingkirkan barang-barang yang kurang fungsional.

Nah, bagi Anda yang mendambakan rumah idaman minimalis, simaklah beberapa inspirasi berikut:

 

1.     Putih sebagai warna dasar minimalis yang modern

Warna memiliki kaitan erat dengan kesan yang timbul pada gaya desain sebuah ruangan. Tiap warna memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga kesan yang ditimbulkan pun beragam ketika diaplikasikan. Dalam dunia desain, warna putih misalnya, merupakan warna latar belakang yang memiliki kesan bersih.

Warna putih juga identik dengan kedamaian, kebebasan, dan kesederhanaan, sehingga sering digunakan untuk menampilkan kesan minimalis dengan kualitas modern. Mengecat dinding ruangan dengan warna putih akan menimbulkan kesan yang sama. Bukan hanya pada dinding ruangan, warna putih pada furnitur yang digunakan pun akan semakin memperkuat kesan minimalis tersebut.

 

2.     Dapur minimalis yang minim peralatan

Dapur adalah area rumah yang terbilang paling semrawut. Berbagai peralatan memasak dan makan disimpan di ruangan ini. Semakin lengkap dan banyak peralatan yang tersedia, semakin mudah bagi para ibu untuk mempersiapkan hidangan bagi keluarga. Namun, apakah dapur tidak bisa ditata supaya terlihat lebih rapi?

Bagian dapur bisa didesain dengan gaya minimalis supaya tampak bersih dan memukau. Selain memaksimalkan nuansa warna putih, mengurangi peralatan yang tidak perlu juga  bisa menjadi langkah besar. Jika hal ini tidak memungkinkan, memiliki ruang penyimpanan yang tertutup dapat menjadi solusi paling efektif. Anda dapat menempatkan rak besar yang menempel ke dinding ruangan.

Strategi lain adalah menggunakan kompor tanam supaya dapur terlihat lebih rapi. Kompor canggih ini memungkinkan Anda untuk tetap memasak tanpa perlu terlihat berantakan. Selain kompor tanam, menggunakan furnitur dapur yang multifungsi juga dapat menjadi salah satu cara mengurangi peralatan.

 

3.     Desain pintu dan jendela yang memperkuat kesan minimalis

Inspirasi lain yang bisa Anda terapkan pada rumah minimalis modern adalah  pemilihan desain pintu dan jendela. Pintu atau jendela minimalis ditandai dengan corak yang sederhana dan  garis yang minim. Anda dapat memilih warna hitam tegas dengan kombinasi bahan kaca untuk menciptakan kesan minimalis yang modern dan mewah.

Pada sebuah hunian, fungsi pintu dan jendela sangat penting. Bahkan, kedua elemen ini dapat melengkapi desain hunian terutama bagi yang terletak di bagian depan. Oleh karena itu, jangan sampai keduanya luput dari perhatian Anda saat berencana membangun hunian.

 

4.     Konsep open living space cocok bagi penganut paham minimalis

Eco living menjadi sebuah gaya hidup masa kini yang digandrungi oleh masyarakat modern. Kesadaran akan pentingnya menjaga alam dengan pandai mengatur konsumsi energi kerap menjadi bahan pertimbangan ketika memutuskan suatu hal. Salah satu contohnya, pada desain ruangan di dalam rumah.

Pada umumnya, hunian dibatasi oleh dinding pada keempat sisinya. Namun, hunian dengan konsep eco living style tidak lagi kaku seperti itu. Anda dapat memilih untuk tidak memasang pembatas pada salah satu sisi sehingga udara dan cahaya bebas masuk ke dalam rumah tanpa terhalang. Selain lebih ramah lingkungan, desain seperti ini pun menampilkan kesan minimalis yang lapang untuk rumah idaman minimalis Anda.

 

5.     Pemanfaatan material kayu memperkuat kesan minimalis

Anda pasti setuju bahwa material kayu dapat menghasilkan kesan yang minimalis. Namun, supaya tidak melenceng terlalu jauh pada gaya desain lain seperti vintage atau rustic, tetaplah berpatokan pada coraknya yang sederhana. Panel kayu yang menjadi rak televisi misalnya, sebisa mungkin menyatu dengan dinding sehingga tidak menarik perhatian.

Material kayu juga sebaiknya didesain dengan modern sehingga kesan yang timbul lebih terfokus. Mempertahankan warna dasar kayu bisa menjadi salah satu cara untuk menambah kesan minimalis tersebut. Dipadukan dengan furnitur berwarna putih, ruangan pada rumah idaman minimalis akan tampak elegan.

 

6.     Kamar tidur dengan konsep monokrom

Ingin merasa lebih santai saat berada di kamar tidur? Manfaatkan konsep warna monokrom pada desainnya. Warna monokrom yang berskala netral adalah hitam dan putih. Kedua warna ini dapat dipadukan dengan artistik sehingga menciptakan kesan minimalis yang kental.

Di kamar tidur, hindari juga menempatkan berbagai ornamen atau furnitur yang tidak perlu. Semakin sedikit yang tersimpan di ruangan ini, semakin mudah bagi Anda unutuk mengorganisirnya. Jika perlu, sisakan tempat tidur saja sebagai elemen utama di kamar tidur. Banyak sekali lho contoh rumah idaman minimalis yang menerapkan konsep monokrom ini. Ingin coba?

 

7.     Ruang tamu dengan ornamen secukupnya

Bukan hanya kamar tidur, ruang tamu minimalis sebaiknya minim ornamen yang tidak perlu.  Tempatkan sebuah lukisan dengan skala yang cukup besar di dinding sebagai titik pusat. Selebihnya, furnitur yang digunakan harus berkarakter minimalis, tidak menggunakan terlalu banyak warna, dan multifungsi.

Nah, inilah sejumlah inspirasi pada rumah idaman minimalis modern yang bisa diterapkan dengan mudah. Bagi Anda yang ingin mendesain kembali ruangan dengan konsep ini, jangan ragu untuk menyingkirkan benda-benda yang jarang atau sebenarnya tidak terpakai. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih lapang dan bersih.

 

Artikel Menarik Lainnya :