Salah satu elemen penting dalam rumah yang perlu anda perhatikan adalah pencahayaan. Pencahayaan rumah memiliki fungsi penting untuk memisahkan ruang, estetika, bahkan dapat memperbaiki suasana hati Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan pencahayaan dengan tepat. Berikut tips untuk anda agar mendapatkan pencahayaan yang maksimal:

⒈ Perhatikan Cahaya di Setiap Ruang



Meski pencahayaan yang terang dipercaya dapat menambah energi positif di rumah, bukan berarti sistem pencahayaan yang berlebihan harus diterapkan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan sistem pencahayaan yang pas terutama ruang kamar tidur, dan kamar mandi. Caranya, pilihlah lampu dengan kekuatan cahaya atau watt yang lebih sedikit dibanding dengan ruang lainnya. Dengan begitu, akan terjadi keseimbangan lapisan cahaya antara ruang yang memang diprioritaskan untuk pencahayaan terang dengan yang redup.

2. Atur Pencahayaan Sesuai Besar Ruang

Selain harus memperhatikan lapisan cahaya di setiap ruangan, Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan sesuai dengan ukuran ruang di rumah. Misalnya, Anda ingin menerapkan pencahayaan yang terang untuk ruang tamu, hal tersebut tak masalah selama ruang tamu berukuran besar. Jika ruang di rumah Anda tak terlalu besar, lebih baik gunakan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan ruang.

3. Pilih Ukuran Lampu Yang Sesuai

Tak berhenti hanya sampai mengatur pencahayaan sesuai ukuran ruang, Anda juga perlu memilih ukuran lampu yang tepat. Tak semua ruangan di dalam rumah harus mendapatkan jenis lampu yang sama, Anda perlu memperhatikan ukuran lampu yang sesuai dengan kebutuhan ruang. Untuk fungsi estetika, Anda bisa menggunakan ukuran lampu yang besar sehingga menarik perhatian seluruh anggota rumah dan juga tamu. Sedangkan untuk kebutuhan di kamar mandi, cukup gunakan lampu yang tak terlalu besar dengan ukuran dan pencahayaan yang sesuai.

 

Source: Kompas.com