Rumah dengan rapi memberi kenyamanan tertentu. Tetapi, belum pasti semuanya orang bisa jaga kerapihan rumah mereka masing-masing. Kadang perasaan malas mendekati hingga cenderung pilih untuk biarkan semua benda berantakan tidak pada tempatnya.

Bila malas membereskan rumah, beberapa benda yang barusan Anda pakai seharusnya langsung dibalikkan pada tempatnya sebelumnya sesudah digunakan. Bila rutinitas itu diaplikasikan setiap saat, Anda tak perlu sering membereskan rumah. Namun, ada banyak langkah yang lain supaya rumah Anda kelihatan rapi. Berikut cara-cara atau gagasan simpel untuk membereskan rumah supaya tidak terlihat amburadul:

Untuk yang hoby membaca, tentu koleksi buku Anda sangat banyak. Bahkan juga, koleksi itu sampai menimbun apabila didiamkan demikian saja, akan kelihatan amburadul. Untuk menangani hal itu, Anda dapat membuat perpustakaan individu di rumah untuk simpan semua koleksi buku Anda.

Mainan ialah hal yang tidak dapat dipisah dari anak-anak. Mereka selalu minta untuk dibelikan mainan baru setiap waktu. Pada akhirnya, koleksi mainan mereka menimbun. Beberapa mainan kemungkinan mulai hancur. Tetapi, bila dibuang, tentu anak Anda akan geram. Kemungkinan Anda dapat mencoba menyimpan dalam beberapa kotak atau container dan meletakannya di ruang tidur anak supaya masih tetap kelihatan rapi.

Keramik dan pajangan yang Anda dapatkan sebagai oleh-oleh harus diatur secara benar supaya kelihatan rapi. Jangan dibiarkan semua berdebu dan tersusun secara amburadul. Bila diatur secara rapi, rumah Anda akan kelihatan elok.

Apa Anda kerap menempatkan beberapa benda uang coin, buku yang dibaca, kunci mobil, dan kamata di atas almari atau buffet? Beberapa hal yang kelihatan remeh semacam ini seharusnya diletekan secara benar pada tempatnya. Tetapi, bila mau tak mau, seharusnya Anda membereskan semua beberapa benda itu.

Dapur adalah sisi rumah yang dipakai untuk mengolah. Karena jumlah perlengkapan dapur yang Anda punyai benar-benar banyak, bahkan juga tidak dapat dimuat dalam almari, tidak ada kelirunya Anda menggantung semua perlengkapan dapur supaya kelihatan lebih rapi.

Kadang Anda dibikin kecewa oleh kabel-kabel tv yang tanpa sadar bisa memberi kesan-kesan amburadul dalam ruang keluarga Anda. Maka dari itu, seharusnya kabel tv, kabel video games, kabel modem, dan kabel telephone seharusnya diikat jadi satu atau diselinapkan ada di belakang almari.

Selainnya menggantung perlengkapan dapur, Anda bisa juga menggantung beberapa benda yang lain seperti tas, topi, dan payung supaya tidak amburadul. Bahkan juga, gantungan itu dapat menjdai seperti dekor tertentu yang hendak percantik rumah Anda.

Gagasan simpel yang paling akhir untuk membereskan rumah Anda dengan memerhatikan sisi wardrobe; terutamanya Anda yang mempunyai almari baju yang terbuka. Bila baju yang berada di dalam almari tidak teratur rapi, kesan-kesan amburadul akan kelihatan.

Membereskan rumah memanglah bukan hal yang gampang. Salah satunya pemicu paling besarnya ialah perasaan malas. Tetapi, cara-cara di atas dapat Anda aplikasikan supaya rumah Anda kelihatan tidak amburadul. Rumah dengan rapi akan membuat Anda berasa semakin nyaman . Maka, jangan dibiarkan rumah kelihatan amburadul!