Masa-masa new normal seolah memaksa kita untuk mengubah gaya hidup. Salah satunya saat kita berolahraga. Ada banyak hal baru yang kita harus perhatikan, yang mungkin kita abaikan sebelumnya.

Berikut tips untuk berolahraga di era new normal:

1. Pastikan kebersihan diri

Berolahraga sendirian bukan berarti Anda lengah dengan kebersihan diri sendiri. Pastikan tubuh dalam keadaan bersih untuk menghindari perpindahan virus. Selain itu, Anda juga perlu memastikan tubuh dalam keadaan prima untuk berolahraga.

2. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan  sebelum olahraga membuat Anda mampu meregangkan otot-otot tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan olahraga yang lebih aktif selanjutnya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan tubuh juga ketika di sesi akhir olahraga.

3. Tetap menjaga jarak

Sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berdekatan dan terdapat kontak fisik dengan orang lain, karena Anda tidak tahu bagaimana kondisi tubuh orang lain ketika sedang melakukan aktivitas bersama. Selain itu, yang terpenting jangan lupa juga pastikan kondisi tubuh diri sendiri dalam keadaan sehat untuk melakukan olahraga agar tidak membahayakan untuk orang lain.

4. Perhatikan intensitas dan durasi

Perlu diingat, olahraga tidak boleh berlebihan. Hal tersebut dapat menyebabkan over training yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan. Maka dari itu, olahraga fisik disarankan untuk dilakukan dalam 3-5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-35 menit.

5. Tubuh tetap harus terhidrasi

Pastikan cairan tubuh selalu dalam keadaan cukup. Karena berolahraga akan membakar kalori dan membuat tubuh kehilangan cairan.

 

Source: wartaekonomi.com