Kehadiran tikus di rumah tentu benar-benar menggelisahkan. Selainnya dapat menghancurkan perlengkapan rumah tangga, hewan pengerat ini bisa juga menebarkan penyakit. Hingga lingkungan rumah jadi kurang higienis dan kelihatan kotor. Sebetulnya cara-cara untuk memberantas tikus di rumah, misalkan memakai toksin dan jebakan tikus. Tetapi, cara itu cukup menggelisahkan untuk kamu yang jijik dan takut saat harus buang tikus yang telah mati.

Salah satunya jalan keluar yang dapat kamu kerjakan ialah menanam beberapa tanaman pengusir tikus di rumah. Selainnya dapat menyingkirkan tikus, beberapa tanaman mempunyai wewangian yang beri kesegaran, bermanfaat untuk kesehatan dan punyai nilai estetik untuk percantik ruang. Wah, betul-betul langkah lembut untuk menyingkirkan tikus nih! Ingin tahu ada tanaman pengusir tikus apa sajakah? Yok baca info berikut!

Daun sage

Tanaman sage sering ditemui sebagai tanaman hias yang percantik taman. Sage yang ditanamkan di halaman dapat digunakan sebagai tanaman pengusir tikus got agar tidak masuk ke rumah. Sage hijau maupun sage putih sama berbau yang tidak dicintai tikus karena terlampau menusuk.

Apa lagi bila ditanamkan dalam pot dan diletakkan dalam ruangan, sage akan keluarkan wewangian yang lebih pekat. Tetapi, menempatkan sage dalam ruangan cukup triky, karena sage harus terserang cahaya matahari tiap hari. Sekurangnya kamu harus pilih beberapa sudut ruang dekat jendela atau menempatkan sage di teras saat siang hari dan memasukkan ke rumah saat sore hari.

Close-Up of Red Onion Sprouts Growing

Baik bawang merah atau bawang putih memiki wewangian yang paling menusuk, bahkan juga dapat memunculkan pedih di mata. Wewangian berikut yang membuat bawang-bawangan dapat digunakan sebagai tanaman pengusir tikus.

Kamu dapat menanam bawang dalam pot memakai tanah atau cukup menempatkan bawang putih di tempat yang lembap dan diamkan sampai tumbuh daun. Tanaman ini pas ditempatkan di tempat dapur yang kerap dilewati tikus . Maka selainnya sebagai pengusir tikus, dapat sekaligus untuk mengolah deh~

oregano
Oregano terhitung tanaman herbal yang kerap digunakan untuk menambahkan kesedapan makanan. Berbau yang menusuk dari daun oregano fresh rupanya dapat digunakan sebagai tenaman pengusir tikus di dalam rumah lo.

Kamu dapat menanam bibit oregano dalam pot dan ditempatkan di pojok ruang atau di dekat lajur yang kerap dilewati tikus. Selainnya manfaatkan oregano fresh, kamu bisa juga menaburkan oregano kering disekitaran tempat persembunyian tikus. Langkah ini cukup baik menyingkirkan tikus yang bandel.

Bunga lavender

Bunga warna ungu yang elok ini populer mempunyai wewangian yang menentramkan. Lavender kerap digunakan sebagai aroma pada minyak wewangian therapy. Walau banyak disukai, wewangian lavender rupanya dapat menyingkirkan kutu, nyamuk, bahkan juga tikus lo.

Kamu dapat menggunting sisi batang tanaman pengusir tikus ini, lalu menyimpan dalam vas. Disamping itu kamu bisa juga menanamnya langsung dalam pot kecil dan menempatkannya dalam ruangan. Wewangiannya yang menentramkan bagus untuk aliran pernafasan lo.

daun mint

Daun mint sebagai salah satunya tanaman yang termudah tumbuh dan banyak memiliki manfaat. Wewangiannya yang beri kesegaran dan memiliki kandungan anti-oksidan kerap digunakan untuk menambahkan kesegaran pada minuman. Dibalik faedah itu, wewangian daun mint rupanya tidak dicintai tikus. Hingga, daun mint dapat digunakan sebagai tanaman pengusir tikus got yang hendak masuk ke rumah bila ditanamkan di tempat halaman. Kamu bisa juga menanam daun mint dalam pot kecil untuk ditempatkan di rumah.

Disamping itu, daun mint bisa juga tumbuh dengan media air. Cukup tempatkan daun mint dan tangkai dan akarnya yang utuh, lalu celup ke air dan tempatkan di atas meja. Umumnya daun mint akan gampang menguning bila kekurangan cahaya matahari . Maka kamu harus tekun mengubah tanaman pengusir tikus ini ke arah tempat yang terserang cahaya matahari ya!

marigold

Bunga marigold mempunyai mahkota bunga yang bersusun dengan beberapa warna yang elok. Tanaman hias ini terhitung salah satunya tanaman yang gampang tumbuh dan berbunga. Wewangiannya yang cukup menusuk rupanya sanggup menyingkirkan tikus di rumah. Kamu dapat menempatkan pot marigold yang telah berbunga mekar di beberapa pojok ruang, khususnya yang kerap dilewati tikus. Penampilannya yang elok, juga pas jadi dekor ruang.

Untuk kamu yang mempunyai rumah di pinggir sawah, hama tikus dan ular tentu benar-benar menggelisahkan. Kamu dapat manfaatkan marigold sebagai tanaman pengusir tikus sawah dan ular. Tetapi, marigold harus ditanamkan di halaman agar dapat tumbuh liar dan hasilkan wewangian yang lebih pekat. Marigold ini dapat tumbuh dengan tinggi capai 1,5 mtr., jadi pas jadi hiasan di pagar rumah.

Nach, itu tanaman pengusir tikus yang dapat kamu tanam di rumah. Selainnya untuk menyingkirkan tikus, aman untuk anak kecil dan punyai manfaat, ke enam tanaman di atas bisa juga menambahkan nilai seni dalam ruangan. Menjadi lebih irit dan ringkas kan? Selamat coba~