Berbagai sektor terkena dampak dari pandemi Covid-19,  terutama ekonomi. Namun, beberapa orang menjadikan situasi ini sebagai kesempatan & peluang untuk berinvestasi. Pada situasi seperti ini, emas dan properti adalah dua jenis investasi yang paling banyak diminati karena harga jualnya yang cenderung meningkat, Harga emas pun sudah mencapai Rp 1 juta per gram. Akan tetapi, manakah investasi yang lebih baik antara emas dan properti?

Berikut penjelasannya:

Investasi Properti Investasi Emas 

Harga Selalu Naik & Tidak Tergerus Inflasi
Kunci utama dari investasi properti adalah lokasi strategis & future development, jika tidak akan memperlambat waktu kenaikan properti tersebut

Tidak Tergerus Inflasi
Meski beberapa kali turun, namun harga emas cenderung lebih banyak memiliki grafik kenaikan. Nilai emas juga bahkan cenderung stabil dibandingkan menabung di bank yang rentan terhadap devaluasi

Biaya Perawatan tergolong rendah
Biaya perawatan merupakan kunci nilai property anda terjamin dalam hal perawatan atau maintenance.

Cara Investasi Emas Sangat Mudah
Jika anda pemula dan belum terlalu paham tentang investasi, emas adalah pilihan yang tepat, serta tidak perlu khawatir karena investasi emas ini lebih mudah dan aman dibanding dengan investasi lainnya.

Tingkat Risiko Hampir 0% dan Aman
Pakar investasi berpendapat bahwa risiko investasi properti sudah dikunci oleh harga properti itu sendiri. Jadi, seandainya kamu harus menjual properti milikmu, harganya tidak akan tergerus seperti kendaraan mobil atau motor. Dan yang terpenting adalah memilih developer yang terjamin dan berkomitmen sehingga pembangunan property dan kualitas dapat di delivery dengan baik.

Emas Lebih Mudah Dicairkan
Tidak seperti investasi lainnya, investasi emas bisa kamu cairkan jika suatu hari kamu secara tiba-tiba membutuhkan uang dalam waktu yang cepat. Kamu bisa langsung menjual emas yang kamu miliki atau menggadaikannya.

Sebagai Jaminan
Untuk mengantisipasi adanya biaya tak terduga dan ingin menggunakan tanah anda sebagai jaminannya, hal tersebut bisa dilakukan. Saat ini sudah banyak lembaga keuangan, atau bahkan perorangan yang bersedia menerima tanah sebagai jaminan.

Nilai Tukar Emas Sama di Seluruh Dunia
Jika anda berinvestasi properti atau dollar, maka harganya akan fluktuatif tergantung dari lokasi properti atau dollar dimana anda berada. Berbeda dengan emas, harga emas kamu ini akan sama dimanapun lokasi anda.

Investasi emas ataupun properti umumnya memiliki keuntungan tersendiri. Melihat dari ukuran, tanah yang terbatas tentu membuat harga properti terus meningkat tajam, sedangkan investasi emas bisa bergantung pada keinginan Anda. Oleh karena itu, investasi properti memerlukan modal yang lebih banyak, sementara investasi emas bisa dimulai dengan membeli emas 0,5 gram.

Untuk investasi jangka panjang, properti disebut lebih ideal dibanding emas. Selain harganya yang cepat meningkat, investasi properti merupakan cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan bulanan dengan cara menawarkan sewa. Sementara, emas lebih fleksibel untuk dijadikan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, Anda perlu menunggu bertahun-tahun saat berinvestasi emas.

 

Source: Detik.com