Kayu Bengkirai atau umum di luar negeri dikatakan sebagai Yellow Balau. Kayu ini lebih banyak di dapatkan di Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Pohon Bangkirai dapat dengan diameter sampai 120 cm dan tinggi pohon bisa capai 40 mtr.. Diameter rata – rata 70 – 90 cm.

Kayu Bengkirai warna kuning, terkadang cukup kecoklat-coklatan. Kekerasan kayu Bengkirai lumayan tinggi, di antara 880-990 kg/m3 pada kekeringan MC 12%. Bahkan juga dapat capai 1050 kg/m3.

Proses pengeringan Bengkirai dengan temperatur normal ialah 12-25 hari. Risiko terbesar ialah kayu meliuk atau bahkan juga rengat pada saat dalam ruang oven.

Kayu Bengkirai berbobot lebih berat dibanding kayu jati. Walau kayu bengkirai berpotensi rengat yang tinggi, tetapi kayu bengkirai bisa diperbarui secara mudah, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang tidak kurangi kemampuan kayu bangkirai tersebut.

Walau berat kayu Bengkirai lebih berat dibanding kayu jati, tetapi kayu ini benar-benar gampang diproses. Kayu bengkirai bisa diserut, dibuat, dan dipotong secara mudah, hingga jadi favorite beberapa perajin kayu.

Karena kayu Bengkirai mempunyai durabilitas yang lumayan tinggi sehinggi sering dipakai untuk kepentingan exterior rumah seperti atap, decking sampai atap rumah. Disamping itu kayu Bengkirai kerap digunakan untuk kepentingan konstruksi berat seperti jembatan, bantalan rel kereta, sampai perkapalan.

Mempunyai ketahanan sempurna yang tidak kalah dari kayu jati, kayu bengkirai dipasarkan dengan bandrol yang lebih ekonomis. Pada harga mulai Rp 30.000 per batangnya dalam ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm, pasti kayu bengkirai jadi jalan keluar prima buat kamu yang ingin membuat tempat tinggal memiliki konsep alami tak perlu mengambil kantong terlampau dalam.

Mempunyai ketahanan yang bagus dan penampilan yang paling menarik, kayu bengkirai sebagai material prima untuk jadi material exterior tempat tinggal atau perlengkapan khusus outdoor. Nach, apa kamu tertarik manfaatkan kayu bengkirai untuk percantik tempat tinggal?

Dengan watak warna kuning kecoklat-coklatan, kayu bengkirai tawarkan keelokan lewat kesan-kesan alami yang casual, tidak terlalu berlebih, bahkan juga benar-benar bagus untuk diterpa memakai beragam warna cat. Disamping itu, warna netral dari kayu bengkirai dapat membuat penampilan rumah jadi lebih estetik di beberapa style dan ide tempat tinggal, baik itu lewat lantai atau bermacam furniture, seperti meja dan bangku.