Selainnya dekor, salah satunya komponen yang penting dipikir saat membuat atau melakukan renovasi kamar mandi adalah pintunya. Walau berkesan remeh, kenyataannya pintu kamar mandi mempunyai peranan yang cukup penting. Karena itu, penyeleksian mode atau materialnya perlu jadi perhatian benar. Rerata orang memakai material PVC atau uPVC untuk kamar mandinya. Umumnya sich karena harga pintu kamar mandi uPVC condong tambah murah. Tetapi selainnya PVC, sebetulnya ada banyak material yang lain bisa digunakan untuk jadi pintu kamar mandi, misalkan aluminium atau kayu.

Lalu, material apa sich yang terbagus dan akan bertahan lama untuk jadi pintu kamar mandi? Melalui pembahasan berikut, Panduan ini akan uraikan kekurangan dan kelebihan masing-masing material pintu kamar mandi. Baca sampai habis, ya!

pintu kamar mandi PVC

Sebandingkah harga pintu PVC ini dengan kwalitasnya? Kenyataannya, pintu kamar mandi bermaterial PVC ini umumnya cukup tahan lama lo! Selainnya tahan terhadap air, pintu kamar mandi PVC tidak gampang berkarat dan alami pengeroposan. Proses penempatannya juga termasuk gampang. Kalau-kalau terjadi kerusakan, umumnya cuman pada bagian engsel pintu, juga dapat ditukar atau diperbarui.

Sayang, pintu PVC mode dan bentuknya biasa-biasa saja. Disamping itu, pintu PVC kurang ramah lingkungan karena dibuat bermaterial plastik sintetis. Bila dipakai untuk kamar mandi outdoor, pintu kamar mandi plastik ini lebih gampang sirna berwarna karena terkena cahaya matahari terus-menurus.

pintu kamar mandi uPVC

Dibandingkan pintu kamar mandi PVC, material uPVC dipandang lebih bertahan lama dan kuat. Ini karena pemakaian material plastik turunan yang lebih keras dan kuat teksturnya. Sama seperti dengan material PVC, pintu kamar mandi murah ini tahan terhadap air, karat, dan cuaca dan tidak akan megar atau berkurang sekalinya ditaruh di tempat yang terkena pancaran cahaya matahari langsung. Untuk penempatan dan perawatan, tipe pintu kamar mandi ini juga termasuk gampang. Tetapi design dan modenya standard dan tidak dapat diubah-ubah — cuman dapat ditambahkan stiker saja.

pintu kamar mandi kayu

Material kayu bisa membuat pintu kamar mandi minimalis jadi terlihat lebih eksklusif. Modenya juga dapat dibikin bermacam, misalkan pintu kamar mandi sliding berpenampilan Jepang. Sayang, material ini tidak demikian pas untuk ditaruh di kamar mandi basah. Masalahnya udara lembap di kamar mandi akan membuat kayu gampang lapuk dan hancur, apa lagi jika kerap terkena cipratan air. Jalan keluarnya, gunakanlah pintu di pojok yang cukup jauh dari cipratan air dan lapisi dengan lapisan tahan terhadap air seperti fiber, akrilik, atau aluminium.

pintu kamar mandi aluminium

Selainnya tahan terhadap air, pintu kamar mandi aluminium rupanya tahan karat lo! Pintu kamar mandi ini bisa juga digabungkan dengan material lain seperti kaca, plastik, atau kayu. Bila dahulu mode pintu aluminum terlihat biasa-biasa saja, saat ini banyak mulai produsen yang mengubahnya. Jika disaksikan sepintas, tentu kamu tidak akan mengetahui jika pintu kamar mandi itu dibuat dari dari aluminium atau galvalum.

Namun, pintu ini mempunyai beberapa kekurangan, seperti gampang tergesek dan riskan penyok. Belum juga, terkadang bunyi pintu bermaterial aluminium cukup tidak enak didengarkan — berderit saat dibuka atau ditutup. Penempatannya juga lebih sulit dibanding pintu PVC.

pintu kamar mandi kaca

Selainnya dipakai untuk jadi pemisah di antara tempat kering dan basah, saat ini material kaca mulai diubah dan dibikin menjadi pintu kamar mandi penutup khusus. Umumnya produsen akan pilih kaca khusus yang berwarna condong gelap dan kabur. Dibandingkan yang lain, pintu kamar mandi kaca memerlukan perawatan yang semakin teratur, karena cipratan air akan tinggalkan bintik di atas kaca. Nach, salah satunya mode yang terkenal dari pintu kamar mandi kaca adalah pintu kamar mandi lipat. Mode ini biasanya digunakan pada kamar mandi memiliki ukuran besar yang dipakai di dalam rumah eksklusif.

Masing-masing material pintu kamar mandi mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda . Maka kamu tidak dapat menyaruatakan material pintu kamar mandi yang awet dan bagus itu dibuat dari apa. Bukannya mengeklaim, lebih bagus samakan kembali materialnya dengan design dan mode kamar mandimu. Cari yang kiranya sama sesuai anggaran dan cocok perannya.