kamar mandi adalah tempat kita membersihkan diri dan membuang hajat. kamar mandi di rumah juga di desain senyaman mungkin agar kita bisa mneggunakannya dengan tenang. namun karena segala aktifitas dikamar mandi, tempat ini menjadi mudah kotor dan perlu dibersihkan secara berkala.

untukmu yang masih awam tentu membersihkan kamar mandi menjadi hal yang merepotkan. bahkan tidak jarang kamu melewatkan hal-hal penting saat membersihkan kamar mandi. karena itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kamar mandi di rumahmu.

1. Bersihkan Toilet secara berkala

toilet merupakan tempat sensitif yang sering kita gunakan beberapa kali dalam sehari. karena itu membersihkannya secara berkala sangatlah penting. kamu bisa menggunakan sikat toilet dan pembersih toilet setiap 2 hari sekali untuk menjaganya tetap higienis. gunakan kamper untuk menghilangkan bau tidak enak di area toilet.

2. Bersihkan dinding, area kaca dan cermin

dinding dan kaca pembatas serta cermin kadang menjadi area yang luput untuk dibersihkan. padahal bisa jadi ada kotoran atau percikan air yang membuat area ini jadi lembab dan berjamur. selalu rutin bersihkan dengan sikat kamar mandi dan pembersih dinding. lakukan setidaknya 1 minggu sekali untuk menjaganya.

3. Periksa Area Sabun menempel

saat menggunakan sabun dengan busa banyak, kadang sabun terlempar ke area dinding, kaca, dan area lainnya. lakukan pengecekan secara menyeluruh untuk membersih sabun yang menempel ini. sabun atau busa yang menempel apabila dibiarkan akan menyebabkan noda dan mengundang jamur.

4. Noda Karat Pada Shower dan Keran

keran dan shower biasanya menggunakan bahan logam. karena itu pasti area ini akan rentan dengan karat. untuk mencegah karat terjadi, kamu bisa membilasnya secara rutin dengan air dan dilap dengan kain kering. apabil karat sudah menyebar, kamu bisa menggunakan tiner ata minyak tanah untuk menghilangkan karat. keran dan shower yang bekarat akan merusak kualitas air didalam kamar mandimu. jadi perhatikan bagian ini dengan teliti ya.

5. Bersihkan celah lantai dan saluran pembuangan di kamar mandi

celah lantai dan saluran pembuangan tidak boleh luput untuk dibersihkan. apabila tidak dibersihkan, celah pada lantai akan menjadi jamur dan membuat lantai kamar mandi licin. selain itu area pembuangan yang tidak dibersihkan akan jadi sarang kuman dan mengundang kecoak. kamu bisa gunakan kamper pada area pembuangan saluran air untu mencegah kecoak datang.

6. Menjaga sirkulasi udara di kamar mandi

sirkulasi udara sangatlah penting pada kamar mandi. dengan terhambatnya sirkulasi udara, kamar mandimu akan memiliki bau yang tidak sedap dan lembab. selain itu sirkulasi udara yang tidak baik akan mempercepat pertumbuhan jamur. jadi pastikan jendela kamar mandi ataupun alat pengatus sirkulasi udara pada kamar mandi bekerja dengan baik ya.