rumah merupakan tempat kamu tinggal bersama keluarga. karena itu rumah harus dijaga dan dibersihkan agar terhindar dari kotoran dan kuman. rumah yang berdebu juga bisa memancing alergi pada anggota keluarga. karena itu kamu harus menjadwalkan untuk membersihkan rumah secara rutin.

namun karena padatnya waktu dan banyaknya kegiatan, tentu membersihkan rumah menjadi sebuah hambatan. berikut adalah 4 tips atau cara agar kamu bisa membersihkan rumah dengan cepat dan efisien.

1. bersihkan debu pada barang dan langit-langit

langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah dengan membersihkan debu pada perabotan dan membersihkan langit-langit. hal ini harus kamu lakukan pertama agar bisa membersihkan secara optimal. kamu tidak perlu kalau debu jatuh kelantai karena kamu bisa menyapunya di tahap selanjutnya.

2. membersihkan karpet

setelah membersihkan perabotan dan langit-langit, kamu harus membersihkan karpetmu. kamu bisa menggunakan sapu lidi atau sapu karpet. apabila kamu memiliki vacum cleaner, kamu bisa mneggunakannya juga. fokus pada permukaan atas dan bawah karpet karena bagian ini biasanya banyak menyembunyikan debu.

3. menyapu dan mengepel area lantai

setelah kedua langkah diatas kamu lakukan, saatnya untuk menyapu lantai. kamu bisa menggunakan vacum cleaner atau sapu biasa. perhatikan setiap sudut ruangan jangan sampai terlewat. setelah bersih disapu, selanjutnya kamu bisa mulai mengepel. untuk mengepel ruangan, cukup lakukan setiap 1 minggu 1 kali. kalau kamu punya waktu, kamu bisa melakukannya setiap 3 hari sekali untuk menjaga lantai tetap higienis.

4. merapikan barang ketempat semula

setelah menyapu dan mengepel, kamu bisa menyusun kembali perabotan dan karpet yang telah kamu bersihkan. ini adalah tahap terakhir dari membersihkan rumah. kamu juga bisa mengganti beberapa posisi perabotan jika kamu mau. rumahmu sudah bebas dari debu jadi mengatur perabotan juga jadi lebih mudah.

itulah dia step atau langkah membersihkan rumah secara cepat dan efisien. secara garis besar bisa disimpulkan bahwa yang harus kamu lakukan pertama adalah membersihkan perabotan dan langit-langit rumah dari debu. kemudian membersihkan karpet, lalu menyapu dan mengepel dan terakhir mengembalikan perabotan pada posisi semula. semoga ini membantu