fbpx

Batu alam selalu sukses memberi penampilan tempat tinggal yang eksklusif, menawan, dan berani. Tetapi tidak berarti material satu ini tidak mempunyai kekurangan.

Sudah beratus-ratus tahun lama waktunya batu alam seperti marmer jadi simbol dari kekayaan dan kekuataan. Maka dari itu, batu ini dari dahulu banyak dijadikan material lantai. Permukaan komponen interior yang lain juga banyak manfaatkan material ini.

Pada peradaban kuno Persia, Yunani, dan Italia, beberapa perajin yang turut serta pada proses penggalian, pemangkasan, dan pengiriman batu alam hanya masyarakat negara paling kaya atau pemerintahan tersebut. Mereka yang dipandang sanggup memakai beberapa bahan ini pada bangunan mereka. Walau di periode saat ini batu ini menjadi lebih gampang dipakai beberapa orang karena tehnologi yang sudah kekinian, batu ini masih tetap jadi bahan bangunan yang masih berharga.

Ada bermacam langkah mengeruk dan membuat beragam tipe batu alam agar bisa dibikin jadi ubin atau countertop. Tetapi secara umum, proses itu memiliki sifat sama untuk tipe batu yang masuk ke kelompok umum, seperti marmer, granit, batu catat, batu kapur, atau travertine. Tambang-tambang komersil besar umumnya mempersiapkan perlengkapan khusus untuk menambang marmer yang ada di tempat pegunungan dan condong terasing.

Berikut beberapa keunggulan pada batu alam:

Penampilan menawan dan style yang berani dapat diberi secara sekalian oleh batu alam yang terpasang di kamar mandi. Di periode lalu, batu diputuskan sebagai bahan bangunan karena kemampuan dan daya tahannya. Tetapi di periode saat ini, bahan bangunan lain tawarkan kemampuan yang lebih bagus dan ketahanan yang hampir serupa pada harga yang lebih rendah.

Suatu hal yang tidak pernah berbeda terkait dengan batu ini ialah lambang yang dibawa pada bangunan dan ruang. Ketersediaannya yang terbatas membuat batu ini jadi simbol dari eksklusivitas dan style.

Secara seni, tiap tambang di dunia mempunyai bebatuan yang lain. Bahan dalam tempat tambang yang serupa, masing-masing lurusan batu akan mempunyai urat dan warna yang lain. Ini maknanya, permukaan lantai, meja, atau dinding yang dibuat dari batu alam akan punyai penampilan unik. Ruang akan kelihatan berlainan dari ruang yang lain yang berada di dunia.

Tempat tinggal yang dibuat dengan batu alam bisa mempunyai harga jual yang lebih. Ini karena karakter batu itu yang mahal dan unik, terutama bila Anda mendatangkan marmer di rumah Anda. Bila Anda punya niat untuk jual tempat tinggal Anda, calon konsumen akan menyaksikan kehadiran batu alam itu sebagai suatu hal yang positif.

Batu alam memang mempunyai beberapa kekurangan. Tetapi kedatangan sealer kimia yang sudah diperkembangkan dapat membuat batu-batuan ini tahan pada air dan bintik. Sealer ini dapat diterapkan pada marmer, granit, atau batu yang lain.

Efektifitas sealer berikut yang tentukan kelaikan batu agar bisa datang di lokasi basah seperti kamar mandi. Bahkan juga tempat shower sekarang kelihatan semakin teratur dengan kehadiran batu ini. Walau sebenarnya dahulu, shower sebagai salah satunya tempat terlarang untuk kehadiran batu alam karena kekurangannya.

Sesudah ketahui beberapa keunggulannya, berikut beberapa kekurangan batu alam:

Untuk banyak orang, batu satu ini mempunyai harga yang lumayan mahal. Ini membuat sebagian orang batal untuk pilih batu ini sebagai material. Tetapi sebetulnya, mahal tidaknya harga tergantung pada tipe batu yang diputuskan.

Di Amerika sendiri, Anda dapat bayar sekitaran Rp1.400.000,00 sampai Rp4.300.000,00 per 929 cm2. Ongkos ini diperuntukkan untuk bahan kombinasi dan ongkos tenaga kerja penempatan batu pada lantai, dinding, atau pancuran. Tempat shower memiliki ukuran 1,8 x 2,4 x 2 mtr. yang dilapis marmer sangat jarang memerlukan ongkos beberapa ratus juta rupiah untuk penempatan batunya saja.

Batu mempunyai temperatur yang dingin. Berjalan pada atas batu dengan kaki telanjang menjadi pengalaman yang kurang membahagiakan. Terkecuali, Anda menempatkan mekanisme pemanas lantai yang dapat menghangatkan alas ruang Anda.

Ini sebagai kekurangan tertentu untuk batu alam. Bila Anda ingin menggunakan batu ini sebagai material lantai kamar mandi, Anda harus juga mempersiapkan ongkos untuk pemanas lantai. Berikut yang membuat ongkos penempatan batu alam condong mahal.

Permukaan lantai batu alam condong licin. Tetapi bila Anda ingin memasangkan material ini di kamar mandi, Anda harus mengaplikasikan sealer pada permukaan atasnya. Sayang, kedatangan sealer dapat membuat lantai jadi benar-benar licin saat basah.

Maka dari itu, kehadiran batu ini sebagai material lantai kamar mandi menjadi bahaya tertentu. Yakinkan kamar mandi berbatu yang Anda rancang tidak ditujukan untuk anak-anak atau orangtua untuk argumen keamanan.

Kekurangan lain dari batu ini ialah karakternya yang cukup ringkih. Dia tidak sekeras ubin keramik dalam soal meredam lentur. Ubin yang dibuat dari batu ini condong gampang pecah.

Batu alam sebagai lantai membutuhkan penyesuaian yang memiliki sifat sistematis. Ini karena karakternya yang berat dan rawan rengat jika dasar lantai melentur. Maka dari itu, pengokohan dasar lantai yang memiliki sifat signifikan dan mahal dibutuhkan. Ini harus dilaksanakan saat sebelum ubin batu terpasang.

Karakter memiliki pori dipunyai oleh batu alam. Dia berlainan dengan ubin keramik dan porselen berglasir. Batu satu ini mempunyai pori dan gampang berbeda warna karena kelembapan. Tipe batu yang mengandung besi tinggi seperti marmer gampang berbeda warna dan berkarat di lingkungan lembap.

Disamping itu, pori-pori ini membuat batu jadi cukup gampang ternodai. Misalnya ialah batu alam yang dibikin jadi meja rawan ternoda oleh bahan warna rambut bahkan juga kosmetik. Hal yang dapat Anda kerjakan untuk menahan ini terjadi ialah implementasi sealer sekitar satu tahun sekali.

Material satu ini condong susah untuk dirawat. Dia tidak dapat dibikin bersih memakai detergent atau sabun pencuci standard. Beberapa bahan ini bisa mengganti warna susunan batu.

Disamping itu, batu alam bukan material yang memiliki sifat hijau atau ramah lingkungan. Stok material ini sangat terbatas di penjuru dunia. Proses penggaliannya cuman bisa dilaksanakan dengan “menghancurkan” alam. Pemilik rumah yang sadar akan lingkungan hidup pasti menimbang factor satu ini.

Itu beberapa kekurangan dan kelebihan batu alam yang penting Anda kenali. Anda dapat menimbang lebih lanjut apa material satu ini pas untuk datang di rumah Anda. Bila Anda ingin mempunyai penampilan tempat tinggal yang menawan, Anda benar-benar dapat manfaatkan batu ini. Tetapi bila Anda memerhatikan factor lingkungan, Anda dapat cari alternative material yang lain.