Ruang tamu rumah minimalis merupakan salah satu ruangan yang penting untuk didekorasi. Ruang tamu yang sering dikunjungi orang-orang tentunya harus memiliki desain yang simpel dan menarik.
Desain ruang tamu rumah minimalis modern biasanya simpel dan bernuansa lebih netral. Nah, dibutuhkan trik supaya ruang tamu rumah minimalis modern tidak terkesan monoton. Dilansir Comfort Furniture, ini 5 tips mendekorasi ruang tamu modern rumah minimalis:
1. Warna netral
Putih adalah warna yang paling sering digunakan untuk rumah minimalis. Ini karena warna putih membuat dinding ruangan terkesan bersih.
Supaya berbeda, carilah warna-warna netral lain yang cocok untuk ru. Misalnya, soft peach, biru muda, atau abu-abu muda.
2. Furnitur dengan bentuk simpel
Usahakan agar seluruh furnitur di ruang tamu rumah minimalis memiliki desain yang simpel. Warna-warna yang cocok untuk furnitur ruang tamu yaitu beige, moka, atau warna kayu. Ini akan menambah kontras pada dinding ruang tamu yang bernuansa netral.
Menurut dosen arsitektur interior Universitas Ciputra di Surabaya, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D, rumah minimalis memang sebaiknya menghindari furnitur yang sulit dibersihkan. Furnitur yang cocok yaitu berdesain simpel dan tidak banyak ukiran.
“Serta bahan dan furnishing yang berkesan berat, serta kurang berfungsi baik dalam menyimpan barang, hanya sekadar hiasan, sebaiknya tidak dipaksakan dalam desain rumah minimalis, karena tidak cocok dengan konsepnya,” kata Lya kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.
3. Pilih daya tarik utama ruangan
Untuk meningatkan daya tarik ruang tamu, pilihlah satu atau dua furnitur yang menjadi perhatian utama. Bunda bisa tempatkan dipan klasik di sudut ruangan atau menaruh kursi santai.
4. Furnitur multifungsi
Elemen kunci lainnya untuk rumah minimalis adalah memiliki tempat penyimpanan yang cukup. Tapi, tidak boleh terlalu kelihatan seperti tempat penyimpanan.
Nah, solusinya adalah memiliki furnitur multifungsi. Misalnya, meja kopi dengan penyimpanan di dalamnya untuk menaruh buku-buku dan majalah.
“Meja tempat penyimpanan, kursi yang multifungsi, ukuran furnitur yang pas, tidak terlalu banyak embel-embel ukiran, ergonomis,” kata arsitek Nurul Hikmah, S.Ars.
5. Sentuhan furnitur warna cerah
Warna dinding bernuansa netral identik dengan kesan monoton. Untuk menghilangkan kesan monoton, Bunda bisa tambahkan sedikit furnitur berwarna cerah.
Selain furnitur, dekorasi berwarna cerah juga dapat menjadi solusi, Bunda. Pilih warna kesukaan dan tempatkan di mana saja.

Source: haibunda.com