selain furniture, keramik adalah bagian interior yang paling sering diabaikan pada saat pemilihannya. padahal peran keramik sangatlah penting karena ia adalah alas lantai rumah anda. pemilihan keramik haruslah dilakukan dengan teliti, terutama keramik untuk kamar mandi.

hal ini dikarenakan setiap aktifitas di kamar mandi akan membuat lantai basah. pemilihan keramik yang salah akan membahayakan penghuni rumah, dan banyak resiko lainnya.

berikut 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk diterapkan pada kamar mandi di rumahmu.

1. gunakan one tone color.

walaupun kamar mandi sering digunakan untuk keperluan tertentu, kamu tetap harus memperhatikan interior dari kamar mandimu. kamu bisa menggunakan one tone color sebagai base ruangan ini. one tone color memberikan kesan elegan dan tidak mencolok. kamu bisa menggunakan warna netral seperti coklat, putih, hitam, dan beige pada keramik kamar mandimu.

2. perhatikan tekstur pada permukaan keramik.

karena lantai kamar mandi sering basah oleh air, kamu harus memperhatikan tekstur dari keramik yang digunakan didalamnya. kamu bisa memilih keramik dengan tekstur sedikit kasar dan tidak licin pada saat basah. atau kamu bisa gunakan pembatas antara area yang basah dan yang kering dengan kaca, sehingga keramik pada area kering tidak terkena cipratan air yang banyak sehingga membuat area tersebut licin.

3. bedakan keramik lantai dan keramik dinding.

kamu harus bisa membedakan keramik lantai dan keramik pada dinding. keramik pada dinding digunakan khusus untuk dinding dan biasa memiliki ukuran persegi panjang kisaran 30 x 120. sedangkan keramik lantai memiliki ukuran persegi 30 x30 atau 40 x 40 tergantung jenisnya. selain itu tekstur pada keduanya juga berbeda. jadi kamu harus bisa mengkombinasikan keduanya dengan baik agar kamar mandimu terlihat cantik.

4. gunakan keramik kecil pada bidang melengkung di kamar mandi.

ada beberapa area di kamar mandi sengaja dibuat melengkung untuk memaksimalkan fungsi dari kamar mandi tersebut. seperti area saluran air dan area shower. karena itu untuk membuat permukaannya bisa mengikuti bentuk keramik, kamu bsia gunakan keramik dengan ukuran kecil. keramik kecil lebih mudah mengikuti area melengkung karena luas permukaannya yang kecil.