1. Memperbaiki kualitas udara
Dr. Fraser Torpy dari Universitas Sydney dalam membuktikan bahwa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbondioksida sekitar 10% di ruangan ber-AC dan 25 persen di ruangan tanpa AC. Tanaman juga terbukti mampu menghilangkan bahan kimia seperti benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde dari udara.

2. Mengurangi stres
Dilansir dari CIPHR, di tahun 2010 sebuah studi membuktikan bahwa menaruh tanaman di lingkungan kerja secara signifikan dapat mengurangi stres di kalangan pegawai. Hasil dari studi tersebut menyatakan penurunan kecemasan pegawai sebanyak 37%, penurunan depresi sebanyak 58 persen, penurunan kelelahan sebanyak 38%, serta penurunan terjadinya konflik sebanyak 44%. Para peneliti percaya bahwa ini ada hubungannya dengan warna hijau yang dihasilkan oleh tanaman dapat membantu mengurangi stres dan memberi rasa rileks.

3. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas
Human Space pada tahun 2015 membuktikan bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan dengan elemen alami 15% lebih kreatif dibanding karyawan yang pada kantornya tidak menyertakan elemen alami. Hal ini terjadi karena otak manusia akan mengalami pemulihan ketika melihat elemen alam seperti tanaman. Kantor yang memiliki tanaman, karyawannya akan merasa lebih santai dan lebih mampu berkonsentrasi sehingga produktivitasnya meningkat.

4. Meningkatkan kelembapan
Paparan udara dari AC dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan udara adalah dengan menanam tumbuhan di dekat meja kerja. Meletakkan tanaman di ruangan dapat meningkatkan kelembapan udara yang ada di sekitarnya. Selain itu tanaman juga bisa mengurangi tingkat debu yang ada di udara. Tanaman yang diletakkan di dekat meja kerja juga dinilai mengatasi masalah kulit kering.

 

Source: tirto.id 

Open chat