Awal tahun 2020 seolah menjadi peringatan untuk dunia akan wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Di Indonesia sendiri, Penularan Covid-19 terus terjadi sejak 2 Maret 2020. Himbauan dan larangan pun terus disampaikan, mulai dari perihal ekonomi, pekerjaan, hingga yang paling utama yaitu kesehatan dan kebersihan.

Selama masa pandemi Covid-19 hampir seluruh orang disarankan untuk di rumah saja. Hal ini untuk mencegah penularan virus semakin meluas. Namun, ada beberapa orang yang terpaksa harus berada di luar rumah. Baik mereka yang memiliki pekerjaan dan aktivitas yang harus dikerjakan di luar rumah, atau pun mereka yang menjadi garda terdepan di tengah wabah ini. Jika Anda termasuk salah satu di antara mereka, maka menjaga kesehatan dan kebersihan diri menjadi kunci agar keluarga di rumahn tidak tertular virus yang mungkin Anda bawa. Tidak hanya mencuci tangan dan membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berkumpul dengan keluarga, ternyata virus bisa menular melalui barang yang Anda bawa, seperti pakaian, tas, sepatu, dan kacamata.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (27/04/2020) dua orang anak di Bogor dan ibunya tertular Covid-19 dari pakaian sang ayah yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Maka dari itu, selain kebersihan diri, kebersihan barang-barang pun juga menjadi perhatian Anda. Berikut beberapa tips untuk menjaga pakaian agar tetap bersih.

1. Cuci baju

Rendam baju anda setelah pulang dari luar rumah. Usahakan merendam dengan air hangat terlebih dahulu. Gunakan deterjen yang mengandung pemutih untuk mencuci pakaian Anda. Pemutih memiliki kandungan seperti alkohol yang mampu membunuh virus dan bakteri.

2. Jemur di bawah sinar matahari

Setelah dicuci bersih, pastikan pakaian Anda dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari ini mampu membunuh kuman yang mungkin masih tersisa pada pakaian.

3. Setrika dengan benar

Terakhir, pastikan pakaian yang telah dicuci bebas dari virus dengan menyetrikanya. Panas yang dihasilkan oleh setrika juga mampu mematikan virus yang ada. Selain itu, penggunaan bahan aktif seperti Alkyl dimethybenzyl ammonium chloride saat menyetrika menjadi penting. Bahan ini memiliki spektrum antimikroba yang mampu membantu membunuh kuman dan bakteri.

Open chat